top of page
Search
  • web20pesona

Rumah Adat Minangkabau


Minangkabau dikenal sebagai suku etnis di pulau Sumatera. Minangkabau memiliki banyak ragam budaya dengan ciri khasnya masing-masing. Salah satu kebudayaannya yang paling melekat adalah rumah adat Minangkabau, Rumah Gadang.

Keunikkan Rumah Adat Minangkabau

Bentuk rumah Minangkabau mirip sekali dengan kapal. Konon katanya, rumah tersebut merupakan inspirasi dari kapal nenek moyangnya yang dibuat sebagai rumah.

Rumah adat ini memiliki keunikkan yang menjadi kekhasannya, yaitu:

1.Bentuk Atap Yang Unik

Atap dari rumah ini sering disebut dengan nama atap Gonjong. Atap ini berbentuk seperti tanduk kerbau. Ciri khas atap gonjong pasti dimiliki oleh rumah khas Minangkabau manapun.

2.Pilar Rumah

Pilar pada Rumah Gadang disusun dalam lima baris yang berjejeran di sepanjang rumah. Baris-baris ini merancang bagian pada interior menjadi empat ruang yang panjang, atau disebut lanjar. Lanjar bagian belakang dikhususkan sebagai kamar tidur.

3.Bentuk Interior

Rumah Gadang ini didesain dengan bentuk empat persegi panjang yang kemudian dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian muka dan belakang.


Sisi depan Rumah Gadang dibuat dari bahan berupa papan sementara pada bagian belakang dibuat dari bahan bambu.


Papan pada bagian dinding ditempatkan secara vertikal dan selanjutnya diberikan ukiran hingga seluruh papan dihiasi dengan motif-motif ukiran yang indah.

4.Motif Ukiran

Motif ukiran pada Rumah Gadang merupakan simbol yang merepresentasikan alam. Ukiran yang dibuat pada Rumah Gadang adalah hiasan yang berbentuk persegi atau garis melingkar.


Biasanya motif alam tersebut adalah tumbuhan yang merambat atau akar yang berdaun. Motif ukiran lain yang dapat ditemui adalah motif geometri segiempat, segitiga, dan jajargenjang.

5.Rangkiang

Sebutan Rangkiang memiliki arti lumbung padi dengan jenis-jenis Rangkiang yang berbeda, Seperti:

· Rangkiang ditinjau Lauik

· Rangkiang Sitangka Lapa

· Rangkiang Sibayau-bayau

6.Istana Pagaruyuang

Istana pagaruyuang merupakan sebutan bagi kokohnya pondasi Rumah Adat Minangkabau ini. Dulu, nenek moyang Minangkabau telah memikirkan dan merancang kontruksi untuk menahan berbagai macam gempa bumi.

7. Bagian Dalam Rumah Gadang

Konsep Rumah Gadang tidak menggunakan paku untuk mengikat bangunan, tetapi berupa pasak untuk menyambungkan bagian satu dengan yang lainnya. Sehingga bangunan tersebut memiliki sifat yang lebih lentur.

Itulah sedikit inforrmasi mengenai rumah adat Minangkabau. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan kalian tentang rumah gadang.

15 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page