top of page
Search
  • web20pesona

Rumah Adat Lampung

Updated: Jul 17, 2020



Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah Propinsi Lampung. Wilayah yang berbatasan dengan pulau Sumatera ini memiliki kebudayaan yang tak kalah menarik.


Misalnya saja rumah adat Lampung yang memiliki desain khas seperti rumah-rumah di Pulau Sumatera. Lampung menjadi salah satu tujuan transmigran pada saat pemerintahan orde baru.


Ada banyak sekali situs yang menyajikan informasi lengkap mengenai Rumah adat seperti pesona-indonesia.info maka dari itu kamu bisa berkunjung kesana jika ingin tahu lebih soal keunikkan Nusantara ini.


Hal ini dilakukan untuk memeratakan penyebaran penduduk Indonesia agar tidak hanya berada di pulau Jawa yang semakin padat. Oleh karena itu, di Lampung terdapat banyak suku-suku seperti Jawa, Sunda, Bali dan Lampung itu sendiri.


Walaupun terjadi percampuran dengan pendatang, suku Lampung masih menjaga keaslian budayanya. Hal ini nampak dari banyaknya lambang siger yang merupakan ikon Lampung dan juga aksara Lampung yang masih dapat dijumpai di jalan-jalan.

Jenis Rumah Adat Lampung

Lampung ternyata memiliki beberapa jenis rumah adat dengan nama yang berbeda-beda, mau tau apa saja? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

1.Sesat Balai Agung

Merupakan rumah adat Lampung yang biasa digunakan sebagai ikon. Bangunan ini merupakan tempat pertemuan para penyimbang adat atau biasa disebut dengan purwatin. Para purwatin melakukan musyawarah atau pepung adat di Balai Agung.

Untuk dapat memasuki Sesat Balai Agung kalian harus melewati jambat agung atau tangga. Tangga ini sering disebut juga dengan lorong agung.


Dibagian atas jambat agung terdapat payung berwarna putih, kuning dan merah. Ketiganya merupakan lambang dari satu kesatuan masyarakat di Lampung.


Payung yang berwarna putih memiliki arti tingkat marga yang dimiliki. Payung berwarna kuning melambangkan tingkat kampung, sedangkan payung berwarna merah melambangkan tingkat suku di Lampung.

2.Nunow Balak

Nuwow Balak atau rumah besar merupakan rumah adat Lampung yang digunakan sebagai tempat tinggal bagi penyimbang adat atau kepala suku. Rumah ini memiliki ukuran 30 x 15 meter. Pada bagian depannya terdapat beranda sebagai tempat untuk bersantai atau menerima tamu.


Serambi nya tidak memiliki dinding, dan pada bagian depan terdapat tangga yang digunakan untuk turun ke tanah.



Disamping tangga bagian bawah terdapat tempat untuk mencuci kaki dan meletakkan alas kaki agar tidak mengotori rumah. Tempat ini disebut dengan nama garang hadap.

3.Nunow Lunik

Nuwow Lunik yang memiliki arti rumah kecil merupakan rumah adat Lampung yang biasa digunakan oleh rakyat biasa. Rumah tradisional ini memiliki ukuran yang lebih kecil.

Rumah ini tidak memiliki beranda dan pada bagian serambi hanya terdapat sebuah tangga dibagian pintu masuk yang mengarah ke tanah.


Nuwow Lunik memiliki bentuk yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan Nuwow Balak. Hanya terdapat beberapa kamar tidur.


Bagian dapurnya pun menjadi satu dengan bangunan utama. Atapnya memiliki bentuk yang lebih bervariasi, ada yang seperti perahu terbalik namun ada juga yang berbentuk seperti limas.

Itulah sedikit informasi mengenai jenis-jenis rumah adat Lampung. Semoga dapat berguna dan menambah pengetahuan rumah adat kalian.

36 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page