top of page
Search
  • web20pesona

Rumah Adat dari Daerah Manado



Ketika membicaraan tentang negara kita ini, kebudayaan pasti menjadi salah satu yang sayang untuk dilewatkan. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan budaya yang beragam.


Bahkan, masyarakat dunia juga sampai mengenali kebudayaan Indonesia ini. Tentu saja, kebudayaan tersebut menjadi suatu kebanggan tersendiri yang petut dilestarikan oleh kita selaku warga negara Indonesia.


Dengan kekayaan yang beragam inilah Indonesia menjadi memiliki banyak produk budaya yang tersebar dari ujung timur hingga ujung barat.


Salah satu produk kebudayaan Indonesia adalah rumah adat. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan informasi tentang rumah adat Manado.

Rumah Adat Manado

Rumah adat manado secara spesifik memiliki beberapa jenis, yaitu rumah adat Walewangko dan rumah adat Mongondow.


1.Rumah adat Walewangko

Rumah ini merupakan rumah yang dimiliki oleh suku Minahasa yang juga merupakan suku terbesar di provinsi Sulawesi.


Kata walewangko berasal dari kata “Wale” atau “Bale” yang berarti rumah. Walewangko adalah sebuah nama desa yang terletak di Kcamatan Langowan Barat, Sulawesi Utara. Dulu, rumah ini tidak hanya dihuni oleh satu keluarga saja, melainkan ada 6 – 9 keluarga yang tinggal bersama didalamnya.


Bentuk rumah adat ini cenderung simetris jika diliat dari bagian depan. Material yang membangunnya juga bersifat alami.


Bagian konstruksi rumah menggunakan kayu yang kokoh dan kuat, sedangkan atapnya terbuat dari daun rumbia. Rumah ini dibangun dengan konsep rmah panggung dengan beberapa tiang penyangga.


Salah satu keunikannya adalah susunan tangga yang digunakan oleh rumah ini tidak boleh disambung dengan apapun. Meski begitu, konstruksinya tetap kokoh karena tiang penyangganya dibuat dari kayu yang sangat kuat.


Di bagian depan, terdapat dua buah tangga yang terletak di bagian depan rumah dan satu tangga yang dibangun di sisi kanan dan tangga lainnya di sisi kiri.

2.Rumah adat Bolaang Mongondow

Rumah adat ini dibangun dengan konsep rumah panggung. Tiang-tiang yang digunakan untuk menopang rumah ini juga berjumlah cukup banyak.


Salah satu hal yang paling mencolok adalah desain atapnya yang dibuat melintang dengan bubungan atap yang cukup curam.


Rumah ini juga hanya memiliki satu tangga saja yang dibangun di bagian depan rumah. Selain itu, serambi pada rumah ini tidak memiliki dinding.

Demikian penjelasan mengenai rumah adat Manado. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian mengenai kekayaan budaya Indonesia khususnya rumah adat Manado.

6 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page